Tentang Diriku

akh-adhi.jpg

Assalamu’alaikum….

Segala puji hanya bagi Allah Rabb yang maha perkasa, yang menjadi muara CINTA hamba-hambanya yang bertaqwa. Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada sebaik-baik manusia Rasulullah Muhammad SAW.

Nama lengkapku adalah Suratno Adi Saputro, kalau ditanya apa arti dan maksud dari nama itu aku hanya bisa angkat bahu, karena orangtuaku sendiri juga nggak tahu. Nama yang menunjukkan bahwa diriku adalah produk asli JAWA (wong nJowo tulen). Kalau temen-temen di SD-ku dulu termasuk guru-guruku suka memanggil aku dengan sebutan NANG, atau sebutan  singkat dari kata JENANG, kebetulan ibuku dulu jualan Jenang (Bubur yang terbuat dari tepung beras diberi larutan gula merah). Pertamanya aku malu dengan sebutan itu, tapi lama-lama justru aku menikmati sebutan itu karena jenang buatan emak-ku terkenal enak dan tidak eneg (kaya iklan aja). Kalau temen-temen SMP-ku dulu biasa memanggil aku RATNO. Sedangkan temen-temen di SMA-ku (pasnya STM) suka memanggil aku dengan sebutan PREMAN (Kisahnya cukup panjang).

Dan kemudian setelah di Jogja Aku dikenal dengan nama yang lebih keren ADHI. Yaach nama itu membuat aku lebih pede dan sampai sekarang nama itu melekat manis di name tag kantorku. Padahal BOS-ku di kantor namanya juga ADI. So Aku agak sedikit berbangga, ternyata dengan nama panggilan itu cukup membawa hoki, karena aku jadi deket dengan BOS-ku di kantor.

Aku dilahirkan kira-kira 28 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 9 September 1979 (kalau di Ijazah dan dokumen resmi lainnya 25 Maret) disebuah kelarga sederhana, kalau nggak mau disebut keluarga miskin. Bapakku sehari-hari bekerja disawah (tadah hujan) yang kalau diitung-itung selalu tekor, kalau dibandingkan antara modal usaha dan hasil yang diperoleh. Disela-sela kesibukan beliau ke sawah, kadang-kadang ikut jadi kuli bangunan kalau kebetulan di tempat kami ada yang sedang membangun rumah (bukan sebagai tukang, tetapi sebagai kenek alias seksi repotnya). Satu nilai yang sampai saat ini masih aku kagumi dari beliau adalah beliau adalah orang yang sangat bersyukur dengan apa yang telah di anugerahkan ALLAH. Sehingga hampir tidak pernah aku melihat rona sedih dan murung diwajahnya, yang ada adalah rona ceria.

Sedangkan IBU-ku yang biasa aku panggil eMak-ku, adalah wanita perkasa yang luar biasa pengorbanannya buat kami anak-anaknya. Disamping kesibukan beliau sebagai ibu rumah tangga, beliau masih menyempatkan mencari SIDE INCOME bagi keluarga kami. Mulai dari jualan gorengan, jenang (bubur), mie goreng, sampai jualan TAHU yang membuat aku bisa menyelesaikan kulihku. Hampir semua adalah hasil dari kerja keras orang tuaku terutama eMak-ku. (Sembah baktiku buatmu Mak…., maafkan anakmu kalau sampai saat ini masih bisa membahagiakan DIRIMU, siraman doa sucimu yang senantiasa kuharapkan. Mudah-mudahan Allah memberikan kesempatan kepadaku untuk bisa membuatmu bangga dan bahagia)

Masa kecilku kuhabiskan bersama orangtuaku yang kebetulan tinggal di sebuah rumah sederhana (kalau ngga mau disebut GUBUG, karena dindingnya bambu dan lantainya tanah). Kebetulan sekali tempat tinggalku deket sekali dengan masjid, persis didepan rumahku. Sehingga dari kecil aku sudah dibiasakan dengan suasana dan lingkungan yang baik (Terima kasih Ya Allah atas anugerahMU). Masa-masa SD sebagaimana anak2 dilingkunganku, disamping sekolah, aktivitas keseharianku adalah ANGON (menggembala kambing) dan NGARIT (mencari rumput buat makanan kambing). Mainanku adalah “betengan”, “jelungan”, “gobag sodor” (kebetulan listrik baru masuk ke desaku ketika kelas 5 SD). Semua itu aku jalani dengan suka cita.

Kelas 5 SD aku mulai “berpisah” dengan orangtuaku, karena aku jadi duta keluarga untuk menemani kakek-nenekku yang biasa aku panggil simbok dan mbah kakung yang kebetulan masih tinggal di satu desa, hany abeda RT saja. Sehingga praktis sejak saat itu aku tidak tinggal lagi dengan orang tuaku (meskipun biaya keseharianku masih ditanggung oleh orang tuaku). Masa-masa SD, SMP aku jalani dengan begitu banyak liku-liku dan ceritanya, hampir setiap penggalan cerita membawa kenangan tersendiri buatku. Mulai dari prestasi (kebetulan ketika SD aku selalu rangking 1, SMP aku tidak pernah lepas dari 3 besar pararel), aktivitas ekskul yang hampir semuanya aku ikuti, sampai masa puber dimana aku mulai tertarik dengan lawan jenis. Semuanya menjadi lembaran-lembaran kisah yang menghiasi perjalan hidupku.

bersambung…

Iklan

21 responses

6 11 2007
Karyadi

Subhanallah

6 11 2007
Woto

Wow, Salut Buat Mas Adi,

Selamat ya, udah bisa buat Website sendiri.
Dan Selamat Buat kelahiran putri 1.

Salam Buat Keluarga, dan Teman-Teman,

Salam Hangat
Woto

7 11 2007
adhisaputra

## @ Mas Woto
Makasih mas dah mau mampir.
Maaf kemarin pas acara arisan kita nggak bisa hadir,
kebetulan pas lagi ada tamu jauh.
Mudah-mudahan lain waktu bisa bersua kembali.
Salam dari KAMI juga buat Woto’s Family.

7 11 2007
adhisaputra

## @ Akh Karyadi…
Jazakallahu Khair, sudah bersedia mampir.
Mudah-mudahan kalau ada kesempatan pulang ke CIKUDA,
kita bisa copy darat. Ana kebetulan tinggal di Cileungsi.
Ana turut mendoakan agar Antum bisa mendampingi pejuang-pejuang dakwah kita di parlemen.

7 11 2007
Ubedilah Badrun

Assalamualaikum Wr.Wb.
Ustazd Adhi, ternyata punya bakat terpendam nih untuk kegiatan tulis menulis. Teruskan akh, semoga makin banyak gagasan antum dituangkan melalui dunia cyber ini dan bermanfaat bagi orang banyak.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

8 11 2007
Mas Adhi

# @ Akh Ubed.
Wa’alaikumussalam…
Jazakallah akh, sudah mau mampir.
Mohon bimbingan dan doanya aja semoga istiqomah.

19 11 2007
Fakhrurrozy

Assalamu’alaikum,

Alhamdulillah dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga silaturrahim tetap terjaga indah 🙂

Wassalam

21 12 2007
Fajar Suyamto

Ass.wr.wb….mas Adhi selamat berjumpa lagi…
Dah dapat momomongan to…. selamat ya….
kapan balik nyang ndesa….

salam
Fajar S

26 12 2007
Fajar

ass.wr.wb
Mas Adhi… selamat berjumpa kembali….
Lama ga ketemu dan ga tahu kabarnya….
salam bwt keluarga dan teman teman….
wass.wr.wb

27 12 2007
adhisaputra

#@ Mas Fajar
MAtur nuwun sudah mau mampir.
Semoga sillaturrahim ini banyak memberikan keberkahan buat kita semua.
Kebetulan lebaran haji tahun ini kami barusan mudik dan baru kembali tanggal 26 Desember kemarin.

15 03 2008
masdhenk

tak menyangka saya bisa nyangkut di blog ini…

merinding mas, saya baca cerita anda diatas,
hampir sama dengan kondisi bapak dan biyungku…

tetep semangat dan bangun Ummat..

dan terus berbagi..

7 09 2008
pakarfisika

salam,

terima kasih mas Adhi telah sudi singgah di blog saya. Met Ultah besok Selasa ya…Met berKurang umur…

wassalaam,

13 12 2008
wulansari

assalamu’alaikum…
he..he..nemu pak adhi di sini…
gmn QPM pak? ane dah bc sedikit blog antum n QPM. Ada progres lagikah?
kalo ada kabar, tolong share ke ana di ukhti_fighter@yahoo.co.id

Wulansari

13 01 2009
Ardian

assalamu’alaikum…
salam kenal pak..
blog yang bagus..baik isinya maupun lyoutnya

14 01 2009
Adhi Saputra

Wa’alaikumussalam…
Salam kenal juga Ardian, terima kasih sudah mau mampir.
Terima kasih juga pujiannya, tapi masih banyak kok yang harus dibenahi.

19 01 2009
ari wahyono

Situsnya oke, bagus kalau dipadu dengan content internet marketing. So, tambah teman, kenalan, relasi dan berikutnya tambah rizki termasuk isi dompet. afwan cara berfikir entrepreneur memang kadang liar kaya gitu. Oke sukses selalu Adi Saputro!!!!

30 04 2009
lukman

ini blog ku : godmeone.wordpress.com/
mampir ya…

6 06 2009
diilluu

Assalamualaikum wr wb..
saya masih inget tuh senyumnya,,,hehheh..
dah lama juga gak ada kabarnya,,
jadi pesen mie berapa gerobak nih.
skrang dah kerja di mana nih?
dah dapet brosur dari JMM Teknik UNY lum?

12 11 2009
Adhi Saputra

Wa’alaikumussalam…
Afwan br sempet buka blog lagi.
Habis semenjak ada fesbuk jarang2 buka blog.
Ada kabar terbaru mengenai JMM ?

17 01 2010
Arie

Halloo, Mas Adi
Tambah sukses ae saiki yahhh,…
Piye kabre sampeyan sekarang,…

25 10 2010
ramlannarie

salam kenal, kunjungan balik ditunggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: