Sepenggal Cerita dari (Jogja) Karangasem

5 11 2007

Hampir lima tahun sudah kutinggalkan “Jogjaku”, setelah empat tahun lebih aku membersamai kota gudeg itu. Ada banyak cerita yang mengisi perjalanan hidupku ketika selama empat tahun itu kutapaki langkah-langkah kakiku dalam mencari jati diri, memupuk idealisme, mengisi pengathuan diri tentang kehidupan dan penghidupan. Hampir seluruh sudut-sudut kota Jogja sudah kusambangi, mulai dari Malioboro, kali urng, gunung kidul bahkan sampai kulon progo, bantul dan cangkringan yang terkenal dengan mBebeng, kali kuning dan susu segarnya. Semua membawa kesan yang luar biasa, yang pasti akan menjadi kisah unik dan menarik yang mengisi dan menghiasi perjalan hidupku.

Akan tetapi dari sekian kesan dan cerita, ada satu komunitas yang begitu dalam menghujam ke dalam hati dan ingatanku. Ketika dengan segala canda dan ceria, segala suka dan duka setiap hari mengisi hari-hariku. Karangasem, dengan Al-JIhad dan Al-Ikhlash, benar-benar menjadi tempat yang turut mengukir dan mendesain pola tingkah, pola sikap dan pola pikir yang saat ini menjadi pijakanku.

Karangasem, dengan segala hiruk pikuknya dan orang-orang yang ada didalamnya masih begitu jelas terbayang dalam ingatanku. Pak Genep dengan warung SAERAHnya, Pak Yitno dengan sikap tegasnya, Bu Siswantoro dengan sikap keibuan dan rada galaknya, Pak Kasno, Pak Jadi, Pak Wonggo, Pak Dwijo (almarhum) dan ibu yang begitu sabar dan sering memberikan nasi bungkusnya dan masih banyak lagi nama-nama dan wajah-wajah yang sampai saat ini masih melekat dalam ingatanku. Semoga Bapak dan Ibu semuanya senantiasa dalam lindunganNya. Amin.

Tidak ketinggalan pula, adik-adik manisku yang selalu mengisi hari-hariku (terutama disore hari). Entah kini kalian sudah segede apa, Ida yang lucu, Dinitya yang cool dan imut, Fauzan yang nakal, Fatma &  Sari yang agak kemayu (pasti kalian sekarang sudah jadi AKHWAT, mudah-mudahan), Saras dan Gembil yang gendut (mudah2n sekarang agak langsingan ya). Keceriaan dan kenakalan kalian begitu membekas dalam sanubariku. Pengalaman yang begitu berharga, bahkan teramat berharga ketika kalian mengisi hari-hariku.Mas Adhi doakan agar kalian semua menjadi generasi yang Robbani.

laskar-jihad1.jpg

Terakhir, Buat Saudara dan Sahabat-sahabatku semua IKhwan dan Akhwat di Al-Ikhlash (ngga terasa ada tetes air mata yang menggenang di mataku, terserah saja kalau kemudian dianggap laki-laki yang cengeng). Seungguh luar biasa kebersamaan dan ukhuwah yang kalian tunjukkan. Dian (masih kau ingat ketika kita tinggal bersama dalam satu kamar yang berukuran 1 x 2 m) semoga ini menjadi pelajaran buat kita bahwa suatu saat itulah tempat kita yang sesungguhnya di alam kubur nanti. Arifin dengan kecerdasannya yang luar biasa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang bersama dengannya, Mas Amin dengan sikap dewasa dan kesabarannya yang luar biasa, MAs Adi dengan ketulusan hatinya (Semoga sukses dengan dakwah di PeKaEs Bloranya), Nur IKhwan dengan keceriaan dan sikap ngeyelnya, Erik dengan senyum khasnya, Rahmat dengan suara merdunya yang mendayu-dayu (denger2 sudah jadi bos nich), Munir, Saepul, Padmo, Agus, Fauzi (Sahabat dan teman2 di KAMBOJA 10). Spesial buat Ansyar Brutu, Mas ANdi (kalian begitu spesial dimataku. Termasuk mas DARSONO (dengan gaya khasnya)

barisan-akhwat1.jpg

Juga buat sahabiyah akhwat Karangasem yang luar biasa ghirohnya. Mba Ida, Mba Irul (kaka beradik yang beda tapi sama-sama semangat), Mba Zul, Mba Rita dan mbak2 ku semua di QONITA (afwan Aku lebih suka panggil kalian mba, buka Ukh, toch mangsudnya sama), Mba Puji, Mba Wati, Mba DIta, Mba Intin, Mba Afifah serta mbak2 semua yang ada di Nadia, Azzahro, Balqis. Pelajaran dan dan kebersamaan yang kita bangun dalam bingkai iman dan islam semoga masih tetap terjaga sampai sekarang. Saat ini ku yakin sebagian besar kalian sudah asyik dengan amanah baru kalian dengan jundi/jundiyah kalian. Semoga sukses dan Ridho Allah senantiasa membersamai kalian.

Bersambung….

Iklan

Aksi

Information

8 responses

5 11 2007
akhdian

Dhi, trus menulis ya… banyak kenangan yang sebenarnya bisa kita buat..dantuangkan dalam blog. Perasaan yang sama pernah aq tulis 2 tahun yang lalu… http://akhdian.wordpress.com/2005/04/06/apa-khabar-sahabat/

6 11 2007
arifin07

terimakasih telah mengingatkan memori kita pada masa yang sangat berkesan dalam perjalanan hidup kita. explore trus cerita dan kisahmu insyallah kita semua ikut merasakannya. tapi menggambarkanku jangan terlalu berlebihan……. emang aku cerdasanya kayak apa????

6 11 2007
Woto

Wow, Selamat Buat Mas Adhi.

BTW, kemana aja nich teman2 semua.

Kangen nich………
Beberapa x ketemu ama Mas Fin & Mbak Win, Mas Adi, Mas Dian, Deddy, Rifai…..
Ehhh….. yang lain pada kemana……….

Ngomong2, saya lagi butuh tenaga salesman; syaratnya : Jujur, Ulet, pekerja keras, Sehat, dan punya motivasi yg kuat, mau belajar untuk di daerah Cibubur. Syukur2 sudah punya pengalaman jadi Salesman.

Sorry ya Mas, kok jadi nitip info lowongan nich…….

Salam Kangen,
Woto

7 11 2007
adhisaputra

@ Mas Woto
Ndak apa-apa mas nitip lowongan disini. Itung2 kalau ada temen2 yang butuh dan mau bisa langsung kontak. Insyaallah selagi informasi itu halalan Thoyyiban bisa di ACC.

Tuch temen2 yang lain, ada tawaran dari BOS-nya Shell.
Siapa yang mau… NGACUUUNG.

17 03 2008
Fajar

idem…
salam bwt semua…

5 06 2008
NUR IKHWAN R

hiiii
jadi ingat dulu, wah enakan klau reunian…… salam buat teman2 yang di jakarta ya . maaf blog jarang di update soalnya sibuk trus banyak kerjaan

6 01 2010
Solichin, SE

Assalamu alaikum wrwb
Semoga Alloh memberkahi kita semua, mohon izin berbagi info …
Rias khusus muslimah utk keperluan pernikahan, acara wisuda, pesta dll. Menggunakan kosmetika yg aman dari bahan kimia berbahaya (menggunakan merk terkenal yang dijamin kualitas dan keamanannya). Tersedia aneka kue tart hias untuk wedding, promosi, souvenir dll. Kami sediakan pula Graphology/Handwriting analysist (Analisis potensi kepribadian melalui goresan tulisan tangan) untuk mengetahui kepribadian masing2 calon mempelai lebih dalam.
Hub kami :
Ibu Endah Rosriani Apriliani
cp : 081 322 950015
Bandung – Indonesia

19 11 2011
zada

assalaamu’alaykum akhy fillah yang dilindingungi Allah, tolong foto2 akhwat jangan dipajang di dinternet atau media cetak mana pun, hal ini menyalahi budaya satir yang harus dijaga para akhwat.
Majmu’ fatawa Lajnah Da’imah Arab Saudi pun telah berfatwa tentang larangan menebar foto akhwat di media mana pun. ‘afwan jiddan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: